Pelaksanaan Rapat Koodinasi kesiapan pelaksanaan Turdes Kemerdekaan, yang dilaksanakan di ruang Aberani Sulaiman, Kantor Setda Prov Kalsel, Banjarbaru, Senin (31/7/2023) pagi. Foto: Warta Wasaka Pemprov Kalsel
in

Berlangsung 6 Hari, Turdes Kemerdekaan Ke-9 Akan Kunjungi Kabupaten/kota se Kalsel

Program turun ke desa (turdes) yang merupakan kali ke sembilan oleh Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor akan kembali digelar.

Turdes Kemerdekaan Tahun 2023 tersebut rencananya akan berlangsung selama enam hari dari tanggal 3 hingga 8 Agustus 2023, dengan mengangkat tema “ Bergerak Lintas Beribu Sungai Banuatv”.

Segala kesiapan dibahas dalam Rapat Koordinasi Turdes, Hari Jadi Kalimantan Selatan, dan HUT RI 2023, yang berlangsung di ruang Aberani Sulaiman, Kantor Setda Prov Kalsel, Banjarbaru, Senin (31/7/2023) pagi.

Rapat Koordinasi Turdes, Hari Jadi Kalimantan Selatan, dan HUT RI 2023, yang berlangsung di ruang Aberani Sulaiman, Kantor Setda Prov Kalsel, Banjarbaru, Senin (31/7/2023) pagi. Foto: Warta Wasaka Pemprov Kalsel

Rencananya rute Turdes Kemerdekaan Tahun 2023, akan menyambangi semua kabupaten/kota se-Kalsel.

Dimana jadwal telah disusun sebagai berikut:

Pada hari ke-1 dimulai dari Banjarmasin menuju ke Batola.
Hari ke-2 menuju ke Tapin, HSS dan HSU.
Kemudian pada hari ke-3, rombongan menuju ke Tabalong, Balangan, Barabai dan Loksado.
Hari ke-4 turdes dilanjutkan ke Tanah Bumbu dan Kotabaru. Sedangkan hari ke-5 menuju Tanah Laut serta terakhir finish hari ke-6 di Kiram Kabupaten Banjar.

Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan Roy Rizali Anwar mengatakan, turdes ke- 9 terkait penanganan inflasi, stunting dan perekaman e-KTP.

Sekda Roy meminta SKPD yang menjadi koordinator agar betul-betul menyiapkanya seperti titik lokasi, jumlah penerima bantuan maupun yang lainya.

“Saya minta koordinator, pastikan titik titiknya, simbolisnya seperti apa, tolong dipastikan jumlahnya penerimanya,” sebutnya.

Sekda Roy juga meminta Inspektorat agar mengawal ketat kegiatan agar tidak bermasalah di kemudian hari.

“Saya minta Inspektorat jangan sampai kegiatan ini menjadi masalah di kemudian hari. Mana saja yang menggunakan anggaran belanja tak terduga (BTT) yang mana tidak,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan, Muhammadun, selaku Dinas Koordinator pada turdes kali ini mengungkapkan pihaknya akan mendatangi sekolah – sekolah yang ada di kabupaten/kota, dalam menurunkan angka stunting sekaligus pemenuhan dokumen kependudukan dan penanaman pohon.

Disampaikanya, dalam turdes itu rencananya Paman Birin akan menyerahkan 8000 bakul sembako untuk mengendalikan inflasi sekaligus penanganan stunting.

Paman Birin juga akan menyerahkan tablet vitamin, makanan tambahan, gemar makan ikan, makan telur, bibit tanaman dan paket sembako.

~ Advertisements ~
~ Advertisements ~

Tinggalkan Balasan

Jelang Babak Kualifikasi PON 2024, FAJI Kalsel Gelar Seleksi Tim

Jelang Dies Natalis Untad ke-42, Berbagai Kegiatan Disiapkan