6 partai non parlemen di HSS yang melakukan koalisi merupakan parpol yang menjadi peserta Pilpres dan Pileg tahun ini tadi. (foto : dok/banuatv.com)
in

Sepakat ! 6 Partai Non Parlemen di HSS Berkoalisi

BANUATV.COM, KANDANGAN – Ajang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang dilakukan serentak, yang direncanakan pelaksanaan Pemungutan Suara pada hari Rabu, 27 November 2024, membuat partai non parlemen di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) bersepakat..

6 partai politik (parpol) non parlemen di HSS, menyatakan kesepakatan awal untuk berkoalisi menuju pilkada tahun 2024 ini.

Ketua DPC Partai Garuda Kabupaten HSS, Fakhruddin menuturkan, kesepakatan pembentukan koalisi tersebut terjadi baru baru saja, seusai menghadiri acara halalbihalal Kapolres HSS di Pendopo Bupati HSS.

“Alhamdulillah tadi kita ada pertemuan,  tuntung (seusai)  acara halalbihalal di Polres HSS, hasilnya kita akur (sepakat) berkoalisi dengan tujuan, koalisi ini untuk mewadahi kesamaan visi dan misi menjelang pilkada, bila kesamaan ini berlanjut, koalisi akan kita pertahankan,” terangnya.

Menurut Roga Masjaya, Ketua Partai Ummat Kabupaten HSS, 6 partai non parlemen tersebut, merupakan parpol yang menjadi peserta Pilpres dan Pileg tahun ini tadi.

“Enam (6) Parpol yang akur (sepakat) berkoalisi adalah Partai Garuda, Partai Buruh, Partai Bulan Bintang, Partai Ummat, Partai Prima dan Partai Perindo,” ucapnya Minggu pagu (05/05).

Armuni, Ketua Partai Perindo Kabupaten HSS menyatakan, kesepakatan pembentukan koalisi tersebut merupakan hasil dari kesamaan visi.

Kesamaan visi yang dimaksud tambah Muhammad Nor, Ketua Partai Bulan Bintang Kabupaten HSS, adalah kesamaan pandangan terkait Pilkada HSS tahun 2024 ini.

“Kita ingin berpartisipasi maksimal di pilkada HSS ini, karena kita secara partai juga mewakili aspirasi dari para kader dan simpatisan, kita ingin pemimpin yang terpilih adalah orang yang terbaik, mampu membangun HSS menjadi lebih maju, lebih baik, masyarakatnya lebih sejahtera,” terang pria yang ditunjuk menjadi Ketua Koalisi Partai Non Parlemen Kabupaten HSS.

Menurut Ahmad Zainuddin, Ketua Partai Prima Kabupaten HSS, Pilkada HSS tahun 2024 ini bakal ramai, karena tidak adanya calon ‘incumbent’, pasalnya Bupati dan Wakil Bupati HSS, per tanggal  20 September 2023 pukul 00.00 WITA silam, berakhir masa jabatannya.

Gusti Erfani, Ketua Exco Partai Buruh Kabupaten HSS, menegaskan, meskipun pihak koalisi partai non perlemen pada pileg 2024 ini tidak mendudukkan wakilnya di DPRD Kabupaten HSS, namun mereka memiliki kader dan simpatisan yang militan.

Sehingga ia meyakini, dengan koalisi tersebut, mampu memberikan dampak signifikan pada Pilkada HSS tahun 2024 ini.

“Kami masih terbuka untuk partai non parlemen lainnya yang ingin bergabung dalam koalisi ini, karena koalisi ini murni untuk menjaga aspirasi kader dan simpatisan partai dalam hal memilih pemimpin daerah yang berpihak kepada masyarakat,” pungkasnya.

Sementara itu, Muhammad warga Kandangan menyatakan, terjadinya kesepakatan pembentukan partai non parlemen di HSS, sebuah hal yang bagus.

“Dengan begitu, suara rakyat ‘tidak terbuang’, meskipun partainya yang ia coblos tidak meraih kursi di DPRD, tetapi suaranya masih punya andil untuk menentukan pemimpin daerah,” tegasnya.

~ Advertisements ~
~ Advertisements ~

Tinggalkan Balasan

Erlinda : Media Yang Sehat Berbadan Hukum Dan Terverifikasi Dewan Pers

Sikola Mombine Lakukan Pengesahan RKT Program PAKAGASI Bersama Pemda Sulteng dan Kabupaten Sigi