Kondisi permukiman warga terdampak banjir di wilayah Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo pada Minggu (7/7/2024). Foto: dok. BPBD Kabupaten Bone Bolango
in ,

Penanganan Darurat Banjir Bone Bolango, Personel Gabungan Masih Bersiaga

Penanganan darurat banjir dan kaji cepat, personel BPBD dan tim gabungan masih bersiaga di lokasi terdampak, yakni lima kecamatan di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, Minggu (7/7/2024).

Untuk memenuhi kebutuhan konsumsi, sejumlah dapur umum telah didirikan oleh pemerintah desa, dan dinas terkait.

“Peristiwa ini terjadi setelah hujan lebat dengan durasi lama sejak Sabtu (6/7/2024), yang mengakibatkan meluapnya debit air sungai disertai jebolnya tanggul,” kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari, dalam keteranganya, dikutip dari infopublik.id, Senin (8/7/2024).

Lima kecamatan terdampak tersebut, yakni Kecamatan Kabila Bone, Kecamatan Botupingge, Kecamatan Bone, Kecamatan Bonepantai dan Kecamatan Bulango Utara.

Atas bencana tersebut, sebanyak 288 rumah warga dari lima kecamatan, digenangi air dan lumpur dari material bawaan banjir.

Berdasarkan pendataan sementara yang dilakukan BPBD Kabupaten Bone Bolango, terdapat 288 kepala keluarga atau 1.029 warga yang terdampak bencana banjir.

Dari jumlah total warga terdampak tersebut, 11 kepala keluarga atau 24 jiwa di antaranya mengungsi ke tempat lebih aman. 

Dimana hingga kini hujan masih mengguyur lokasi terdampak secara periodik.

~ Advertisements ~

Tinggalkan Balasan

Data Sementara, Gempa Bumi Kabupaten Batang Sebabkan 49 Rumah Rusak

Apresiasi Damkar di Kota Banjarbaru, Aditya Berikan Mesin Portabel dan Penghargaan