Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor berikan sambutan pada Expo UMKM Kemenkeu Satu Kalimantan Selatan, di Kantor Dirjen Jenderal Bea Cukai (DJBC) Wilayah Kalsel, Selasa 20/6/2023.(Foto: Yusnadianoor/warta wasaka)
in

Expo UMKM Kemenkeu Satu Kalsel Disambut Baik Gubernur Kalsel

Expo UMKM Kemenkeu Satu Kalimantan Selatan, pamerkan berbagai produk Usaha Kecil Menegah dan Mikro dari pelaku usaha, yang berlangsung di Kantor Dirjen Jenderal Bea Cukai (DJBC) Wilayah Kalsel, Selasa (20/6/2023).

Kegiatan ini dibuka dengan dihadiri Staf Ahli Menteri Keuangan Bidang Kebijakan Penerimaan Negara, Oza Olavia, Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor atau Paman Birin didampingi sejumlah kepala SKPD terkait, Plt Direktur Kemitraan BPDP Kelapa Sawit, Kabul Wijayanto, Ketua DPRD Kalsel Supian HK, Kepala Perwakilan Kemenkeu Kalsel Ferdinan Lengkong, Kepala Kanwil DJP Wilayah Kalselteng, serta pihak terkait lainnya.

Kegiatan ini disambut baik Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor dengan kegiatan yang bertujuan untuk mendorong dan memajukan keberadaan sektor UMKM di banua.

“Kami menyambut positif dukungan pemerintah pusat dalam mengembangkan UMKM di Kalsel, untuk terus meningkatkan kualitas produknya agar memenuhi permintaan pasar nasional maupun internasional,” ujar Gubernur Kalsel.

Pemerintah Provinsi ujarnya, juga terus mendorong sektor UMKM ini, bersama dengan sumber daya terbarukan lainnya seperti pertanian, kehutanan, perikanan, dan pariwisata.

“Saat ini pertumbuhan ekonomi kita banyak bergantung kepada batu bara. Sementara, batu bara bisa habis,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, tak lupa Gubernur Sahbirin Noor mengucapkan selamat datang kepada Staf
Ahli Kemenkeu, Oza Olavia di provinsi yang dijuluki Kalsel Babussalam (pintu keselamatan) ini.

“Saya harapkan ibu bisa menikmati kunjungan di Kalimantan Selatan, khususnya di kota seribu sungai Banjarmasin. Jangan lupa berkunjung ke pasar terapung dan menikmati kuliner di sepanjang sungai Martapura,” ujar Gubernur.

Sementara itu, Kepala Perwakilan Kemenkeu Kalsel Ferdina Lengkong mengatakan, kegiatan bertema “Kemenkeu Satu mendukung UMKM tumbuh melalui digitalisasi dan globalisasi menuju Indonesia Maju” ini bertujuan untuk memfasilitasi pelaku UMKM di Kalsel dalam hal mengembangkan usaha sekaligus mensosialisasikan tentang program pelaku UKM menuju “Go Digital”.

Dalam opening ceremony Expo UMKM Kemenkeu Satu Kalimantan Selatan, juga dilakukan penyerahan piagam penghargaan Kemenkeu Direktorat Jenderal Perbendaharaan RI, kepada Pemprov Kalsel yang diterima Gubernur Kalsel Sahbirin Noor.

Penghargaan diberikan karena Pemprov Kalsel telah berkontribusi aktif melakukan penyetoran Pajak Pusat atas Belanja Daerah melalui Kanal 7020 MPN G3.

Pada kegiatan itu, Paman Birin meninjau sejumlah stand UMKM Banua yang menjual aneka produk kerajinan maupun jajanan. 

~ Advertisements ~
~ Advertisements ~

Tinggalkan Balasan

Targetkan 86 Juta Pertahun, Dishub Banjar Klaim PAD Sudah Capai 50%

Rakerkesda Kalsel, Sahbirin Noor: Bangsa Besar Adalah Bangsa yang Sehat