Pelaksanaan Rapat Sinkronisasi dan Koordinasi Simpul Jaringan Geospasial Kabupaten Banjar, di Aula Bauntung Lantai III Bappedalitbang, Rabu (09/8/2023).
in , ,

Sinkronisasi dan Koordinasi Simpul Jaringan Geospasial Kabupaten Banjar

Rapat Sinkronisasi dan Koordinasi Simpul Jaringan Geospasial Kabupaten Banjar, digelar Bappedalitbang Kabupaten Banjar, di Aula Bauntung Lantai III Bappedalitbang, Rabu (09/8/2023).

Kegiatan ini dalam rangka mendorong peningkatan kinerja roadmap simpul jaringan Informasi Geospasial Kabupaten Banjar Tahun 2023, untuk penyediaan data spasial sektor-sektor pembangunan.

Kasubbid Kewilayahan Edy Jaya menyampaikan, yang perlu diidentifikasi awal dalam pembentukan Geospasial Kabupaten Banjar mencakup 5 aspek, yaitu kebijakan, kelembagaan, sumber daya manusia, teknologi, data, dan standar.

“Dari aspek kebijakan Kabupaten Banjar sudah mempunyai PERBUP No.34 Tahun 2015 tentang Simpul Jaringan Data Spasial Daerah, akan tetapi kedepannya diperlukan integrasi dan penambahan program informasi Geospasial kedalam revisi RPJMD Kabupaten Banjar, dan Renstra SKPD Teknis dalam mendukung dari sisi anggaran dan peraturan,” ujarnya.

Edy menambahkan, terkait pembinaan wali data yang sudah dikelola oleh Diskominfo terkait satu data, dapat dijadikan referensi dalam pembentukan simpul jaringan informasi geospasial di Kabupaten Banjar, serta perlu pelibatan dari Badan Pusat Statistik dalam sinergisitas persamaan persepsi satu data.

Dari aspek teknologi dukungan infrastruktur baik perangkat keras dan lunak, diperlukan juga dalam mendukung kegiatan Simpul Jaringan Data Geospasial Daerah.

Sebagai penutup dari kegiatan, para peserta rapat menyampaikan dalam pengelolaan simpul jaringan didaerah nantinya yang terkoneksi dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, yang diharapkan perlu pelatihan untuk SDM dalam menginput data geospasial yang difasilitasi oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan.

Kegiatan ini dihadiri oleh Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan Kabupaten Banjar, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Banjar, Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman, dan Lingkungan Hidup Kabupaten Banjar, Dinas Komunikasi dan Informatika Statistik  dan Persandian Kabupaten Banjar, Dinas Perhubungan Kabupaten Banjar, Dinas Pertanian Kabupaten Banjar , Dinas Pemadaman Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Banjar, Bidang Ekonomi dan Sumber Daya Alam Bappedalitbang Kabupaten Banjar.

~ Advertisements ~
~ Advertisements ~

Tinggalkan Balasan

Finalisasi Perubahan Renja SKPD, Bappedalitbang Lakukan Pendampingan

250 Mahasiswa Untad Ikuti Program PMM Angkatan-3, Warek Bidak Minta Keseriusan Peserta