in

Sepanjang Tahun 2023, Sejumlah Penghargaan Disabet Kabupaten Banjar

Bangun Kabupaten Banjar dengan visi misi Maju, Mandiri, dan Agamis (Manis), Bupati Banjar Saidi Mansyur dan Wakil Bupati Said Idrus Al- Habsyie, toreh sejumlah penghargaan di tingkat nasional.

Belasan penghargaan tingkat nasional pada tahun 2023, berhasil disabet untuk Kabupaten Banjar, juga puluhan inovasi diluncurkan.

Adipura atas kinerja dalam pengelolaan sampah dan ruang terbuka hijau wilayah kota tahun 2022

Sejumlah kabupaten/kota terima penghargaan Adipura Tahun 2022, yang diserahkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI, di Auditorium Dr Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti Jakarta Pusat, Selasa (28/2/2023).

Salah satunya Kabupaten Banjar yang menerima penghargaan bergengsi di bidang lingkungan ini, yang diserahkan oleh Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar didampingi Dewan Pertimbangan Adipura dan diterima oleh Wakil Bupati Banjar Habib Idrus Al-Habsyie.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banjar Hj Nurgita Tiyas raih penghargaan Manggala Karya Kencana dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) RI

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banjar Nurgita Tiyas raih penghargaan Manggala Karya Kencana dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) RI.

Manggala Karya Kencana merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan pemerintah pusat melalui BKKBN kepada sosok yang dinilai mempunyai dedikasi tinggi terhadap program pengendalian penduduk.

Berdasarkan sejumlah indikator Nurgita Tiyas dinyatakan memenuhi syarat sehingga dianggap layak menerima penghargaan ini.

Penghargaan diserahkan Kepala BKKBN RI, Hasto Wardoyo, saat gala dinner dan penganugerahan tanda penghargaan bidang pembangunan keluarga, Bangga Kencana 2023, di Griya Agung Kota Palembang Sumatera Selatan, Selasa (4/7/2023).

Penghargaan Yess Award 2023 dari Kementerian Pertanian

Kabupaten Banjar menerima tiga penghargaan YESS Award 2023 yang diserahkan Kementrian Pertanian RI digelaran Sarasehan Petani Milenial, di Hotel Claro Kota Makassar, Jumat (21/07/2023).

Tiga penghargaan ini yakni kategori District Implementation Team untuk Kabupaten Banjar, kategori Business Development Services Provider di Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan Astambul dan kategori Fasilitator Pemuda oleh Muhammad Nur’ied asal Kabupaten Banjar.

Bupati Banjar H Saidi Mansyur raih Manggala Karya Kencana dari BKKBN RI

Penghargaan bergengsi level nasional Manggala Karya Kencana dari BKKBN RI, berhasil diraih Bupati Banjar Saidi Mansyur, yang diserahkan langsung Kepala BKKBN Hasto Wardoyo dalam puncak Hari Keluarga Nasional ke-30 tingkat provinsi di Alun-alun Ratu Zalecha Martapura, Kamis (27/7/2023).

Kabupaten Banjar dinilai sangat cepat dalam menurunkan angka stunting, dari sebelumnya di kisaran 40 % menjadi 26,4 %, untuk itu diserahkan Manggala Karya Kencana.

Penghargaan Integrasi Layanan Kesehatan Primer (ILP) dari Kementerian Kesehatan RI

Integrasi Layanan Kesehatan Primer (ILP) dari Kementerian Kesehatan RI, berhasil diraih Kabupaten Banjar.

Penghargaan diterima langsung Wakil Bupati Banjar Habib Idrus Al-Habsyie, saat menghadiri Launching Nasional Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer, di Grand Ballroom Jiexpo Convention Centre dan Theatre. Arena Jiexpo Kemayoran Jakarta Pusat, Kamis (31/8/2023).

Penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI)

Dinilai sebagai Pemerintah Daerah yang telah berhasil menerapkan sistem pemerintahan berbasis elektronik melalui aplikasi Sistem Kearsipan Dinamis dan Terintegrasi (SRIKANDI) pada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kabupaten Banjar diganjar dengan penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).

Penghargaan diserahkan Deputi Bidang Pembinaan Kearsipan Arsip Nasional RI, Desi Pratiwi dan diterima langsung Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banjar dr. Tofik Norman Hidayat mewakili Bupati Banjar Saidi Mansyur di Hotel Sunan Surakarta Provinsi Jawa Tengah, Rabu (6/9/2023).

Penghargaan menerapkan pemanfaatan Sistem Penghubung Layanan Pemerintah (SPLP) 

Sebagai pemerintah daerah yang berhasil menerapkan pemanfaatan Sistem Penghubung Layanan Pemerintah (SPLP), Pemerintah Kabupaten Banjar berhasil meraih peringkat kedua penghargaan dari Kementerian Kominfo RI.

Penghargaan diserahkah langsung oleh Irjen Kominfo Dr Arief Tri Hardiyanto dan diterima oleh Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DKISP) Kabupaten Banjar M. Aidil Basith mewakili Bupati Banjar, H Saidi Mansyur  di Hotel Mulia Jakarta Pusat, Selasa (17/10/2023).

SPLP merupakan infrastruktur SPBE yang berfungsi sebagai perangkat integrasi yang terhubung dengan sistem penghubung layanan instansi pusat dan pemerintah daerah untuk melakukan pertukaran layanan SPBE antar instansi pusat dan/atau pemerintah daerah.

Peringkat 1 MKJP dan Peringkat 1 KBPP Tingkat Nasional

Kabupaten Banjar meraih penghargaan sebagai peringkat 1 capaian pelayanan KB Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) dan peringkat 1 capaian pelayanan KB Pasca Persalinan (KBPP) terbanyak Kabupaten/Kota pada Pekan Pelayanan KB serentak tingkat Kalsel dalam rangka Hari Kontrasepsi Sedunia tahun 2023, 26 September-9 Oktober 2023.

Piagam Penghargaan diterima Wakil Bupati Habib Idrus Al-Habsyie yang diserahkan Deputi Bidang Advokasi, Penggerakan dan Informasi (ADPIN) BKKBN RI Sukaryo Teguh Santoso didampingi Kepala Perwakilan BKKBN Kalsel Ramlan dan Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setdaprov Nurul Fajar Desira.

Apresiasi Bunda PAUD Nasional 2023 Kategori Wiyata Dharma Utama

Penghargaan Wiyata Dharma Utama dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset Dan Teknologi RI, diterima Bunda PAUD Kab Banjar Nurgita Tiyas Saidi Mansyur, pada Apresiasi Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) tingkat Nasional Tahun 2023.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo pada puncak agenda Apresiasi Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) tingkat Nasional Tahun 2023 yang digelar di Hotel Mercure Convention Centre Jakarta, Rabu (8/11/2023).

Bunda PAUD Kab Banjar Nurgita Tiyas dinilai memiliki kinerja dan kepedulian yang tinggi dalam mendukung gerakan transisi dari PAUD ke SD yang menyenangkan.

Penghargaan dari Wapres dalam Upaya Penghapusan Kemiskinan Ekstrem

Pemerintah Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan raih penghargaan nasional, Insentif Fiskal Kinerja kategori Upaya Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem.

Penghargaan diterima Wakil Bupati Banjar Habib Idrus Al Habsyi dari Wakil Presiden (Wapres) RI KH Ma’ruf Amin, saat Rapat Koordinasi Nasional dan Penyerahan Insentif Fiskal Kategori Kinerja Penghapusan Kemiskinan Ekstrem Tahun Berjalan 2023, di Istana Wakil Presiden, Kamis (9/11/2023).

Penghargaan Perlindungan Konsumen Kategori Pasar Tertib Ukur yang ke-7

Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan (DKUMPP), terima penghargaan tingkat nasional dalam Perlindungan Konsumen Kategori Pasar Tertib Ukur untuk ke-7 kalinya.

Penyerahan penghargaan dari Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan diterima Kepala DKUMPP Kabupaten Banjar, Kencana Wati, Jumat (10/11/2023).

Penghargaan ini merupakan prestasi yang membanggakan hasil kolaborasi yang manis antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Perumda Pasar Bauntung Batuah, hingga pemerintah kecamatan dan desa.

10 Kali Meraih Penghargaan Kabupaten Peduli HAM

Dinilai memiliki komitmen tinggi dalam mengupayakan pemenuhan hak-hak dasar bagi warganya, Kabupaten Banjar mendapat predikat Peduli HAM.

Penghargaan ini tertuang dalam SK Menteri Hukum dan HAM (MenkumHAM) RI, Yasonna H Laoly, yang diterbitkan 15 November 2023.

Capaian di tahun 2023 ini merupakan hasil indicator  yang dilaksanakan tahun 2022 dengan mengacu pada PermenkumHAM Nomor 22 Tahun 2021 tentang Kriteria Daerah Kabupaten/Kota Peduli HAM.

Dengan diterimanya penghargaan ini, Pemerintah Kabupaten Banjar untuk ke-10 kalinya mendapatkan penghargaan sebagai Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia (HAM).

Anugerah Kihajar 2023 sebagai Daerah Jawara Belajar kategori Kabupaten/Kota

Pada Anugerah Kihajar, Kabupaten Banjar dinobatkan sebagai Daerah Jawara Belajar.id Tahun 2023, dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia.

Capaian Penghargaan luar biasa dibidang pendidikan ini, diumumkan dalam ajang penganugerahan Kihajar Tahun 2023 yang digelar di Senayan Jakarta, Jumat (17/11/2023).

Prestasi sebagai Daerah Jawara Belajar yang dicapai Kabupaten Banjar, menyusul terpenuhinya kriteria dan dukungan dari Pemda, Aktivasi akun belajar.id yang tinggi, Pertumbuhan akun belajar.id yang baik, Adopsi akun belajar.id siswa terutama pada uji kompetensi,Melaksanakan praktik baik chromebook, Terbacanya pemakaian chromebook pada MUA (monthly used activity), Eksplorasi raport pendidikan,dan Pemanfaatan PMM didaerah yang baik.

Penghargaan Sertifikat Maturitas Pelayanan Perkotaan 

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar mendapat penghargaan Sertifikat Maturitas Pelayanan Perkotaan dari Kementerian Dalam Negeri.

Penghargaan yang diserahkan oleh Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri Syafrizal ZA, diterima Bupati Banjar Saidi Mansyur saat kegiatan Diseminasi Peraturan Pemerintah Tentang Perkotaan, di Hotel Royal Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (28/11/2023).

Maturitas Pelayanan Perkotaan berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 600.3-486 tahun 2023,diberikan kepada kabupaten dan kota yang memenuhi persyaratan, Dimana Pemkab Banjar dengan penerapan Smart City yang dimulai sejak tahun 2019 diakui tingkat kematangan atau pemenuhan standar kota cerdas sesuai SNI perkotaan cerdas.

Launching 69 Inovasi Daerah

Dengan sederet penghargaan yang dirahi sepanjang tahun 2023, Pemerintah Kabupaten Banjar di penghujung tahun ini, kembali meluncurkan sejumlah Inovasi Daerah.

Dari 110 inovasi perangkat daerah pada tahun ini, 69 diantaranya lounching pada Selasa (28/11/2023).

Inovasi Daerah ini merupakan kunci untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, daya saing daerah dan kesejahteraan masyarakat serta harus memberi manfaat bagi daerah dan masyarakat. (LIPSUS)

~ Advertisements ~
~ Advertisements ~

Tinggalkan Balasan

Dedi Nurmadi: Pemda Buatkan, Fasilitasi, dan Koordinator Pendukung Usaha Pertanian di Kabupaten Banjar

Dorong Kabupaten Banjar Sebagai Daerah Tertib Ukur, Direktur Metrologi Datangi Kabupaten Banjar