Sebanyak 158 orang pelajar dari seluruh sekolah di Kabupaten Kotabaru, ikuti seleksi untuk menjadi anggota Paskibraka Kabupaten Kotabaru. foto: Diskominfo Kotabaru
in

Seleksi Paskibraka Tingkat Kabupaten dan Provinsi Tahun 2024 Dibuka Staf Ahli Bupati Kotabaru

Mewakili Bupati, Staf Ahli Bupati Zainal Arifin, membuka secara resmi seleksi Paskibraka tingkat Kabupaten Kotabaru, bertempat di Gedung Paris Barantai Kotabaru, Rabu (06/03/24).

Seleksi dilakukan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) bekerjasama dengan pengurus Purna Paskibraka Indonesia (PPI), yang dilaksanakan selama 4 Hari mulai tanggal 6 Maret hingga tanggal 9 Maret 2024, bertempat di dua lokasi, Gedung paris barantai dan GOR Bamega Kotabaru.

Ketua Panitia yang juga Kepala Badan Kesbangpol Melinda Ratna Agustina mengatakan, sebanyak 34 orang yang akan memenuhi syarat dipilih untuk menjadi anggota Paskibraka, yang akan bertugas saat peringatan detik-detik pengibaran bendera merah putih, dan 2 orang akan dipilih untuk mewakili Kabupaten Kotabaru ditingkat Provinsi Kalimanatan Selatan.

“Ada beberapa tahapan untuk dilalui yakni, tes administrasi, kesehatan, kemampuan fisik dan wawancara, psikotes, wawasan kebangsaan dan penentuan akhir,” ujar Melinda.

Tahapan perekrutan calon Paskibra 2024 dilakukan oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) yang dibentuk Presiden Republik Indonesia melalui online.

Melinda menambahkan, persyaratan melalui aplikasi Transparansi Paskibraka terutama persyaratan mutlak, yaitu tinggi badan dan faktor kesehatan lainnya.

Bupati Kotabaru dalam sambutannya yang disampaikan Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Zainal Arifin mengatakan, kegiatan tersebut merupakan momentum sangat tepat dalam menanamkan jiwa Pancasila, meningkatkan mental, dan disiplin para generasi muda, sehingga diri setiap anak bangsa akan tumbuh dan berkembang pada sikap cinta tanah air.

Dengan semangat patriotisme dan idealisme, rela berkorban, serta adanya sikap dan perilaku dalam menghargai dan menghormati bendera kebangsaan sang merah putih.

“Menjadi calon anggota Paskibra bukanlah hal yang sederhana. Tidak semua orang punya peluang untuk menjadi Paskibra,” kata Zainal Arifin.

Kepada semua peserta, ia mengharapkan agar menyiapkan mental dan fisik serta kesehatan selama seleksi berlangsung.

“Saya juga berharap siapapun yang terpilih dapat terus menjaga kedisiplinan, memiliki rasa nasionalisme, wawasan, keterampilan dan terus bekerja keras,” pesannya.

Zainal Arifin menekankan kepada seluruh tim yang terlibat dalam pelaksanaan seleksi, untuk melakukan penilaian seobjektif mungkin, sehingga buah hasil dari seleksi ini benar-benar berkualitas.

Dengan harapan Paskibra yang terpilih sukses membawa misi dan ikut mengharumkan nama sekolah, serta menjadi kebanggaan tersendiri bagi orang tua dan daerah.

“Selama kegiatan seleksi mudah-mudahan dapat berjalan lancar, sukses dan menghasilkan anggota Paskibraka yang memiliki akhlak mulia dan berkepribadian baik,” tutupnya.

Seleksi sendiri diikuti sebanyak 158 orang pelajar seluruh sekolah di Kabupaten Kotabaru.

~ Advertisements ~
~ Advertisements ~
~ Advertisements ~

Tinggalkan Balasan

Harga Beras Naik, Stok Dipastikan Aman

Nuriah Terima Bonus Dari Bupati Banjar