in , ,

Pemkab Banjar Laksanakan Sosialisasi Penyusunan RAD TPB 2022-2026 Sebagai Langkah Proaktif Dalam SDGs

Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) menggelar Sosialisasi Penyusunan Rencana Aksi Daerah Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (RAD TPB) tahun 2022-2026, di salah satu hotel di Kota Banjarbaru, Selasa (10/10/2023) pagi.

Sosialisasi dibuka Sekda Banjar Mokhamad Hilman didampingi Kepala Bappeda Litbang Siti Hamidah, dihadiri para asisten, Bappeda Prov. Kalsel, Tim Tenaga Ahli Penyusunan RAD TPB, peserta sosialisasi dan sejumlah undangan.

Sekda Mokhamad Hilman mengatakan, tujuan TPB atau Sustainable Development Goals (SDGs) yakni sebuah komitmen global dan nasional yang membawa harapan besar bagi perubahan positif dalam kehidupan masyarakat.

Dalam menghadapi tugas penting ini, ia menyebut Kabupaten Banjar mengambil langkah proaktif dengan menyusun Rencana Aksi Daerah Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Tahun 2022-2026, melibatkan para pemangku kepentingan dari berbagai lapisan masyarakat, termasuk pemerintah provinsi, organisasi, dan lembaga-lembaga terkait lainnya.

“TPB/SDGs membawa misi mulia untuk memerangi kemiskinan, kelaparan, dan ketidaksetaraan. TPB memandang pendidikan sebagai kunci untuk membuka pintu masa depan yang cerah bagi generasi mendatang dengan menekankan pentingnya perlindungan lingkungan hidup, karena hanya dengan lingkungan yang sehat dan berkelanjutan, kita dapat memberikan warisan yang berharga kepada penerus berikutnya,” ujarnya.

Dijelaskan Hilman, sosialisasi ini merupakan langkah awal dalam melanjutkan pencapaian pelaksanaan TPB/SDGs di daerah.

Menurutnya, usai sosialisasi ini nantinya akan dilaksanakan Desk Verifikasi terkait Indikator SDGs dan Identifikasi Program Pembangunan yang mendukung Pencapaian SDGs antara Bappeda Litbang dengan perangkat daerah, yang kemudian hasil dari identifikasi tersebut akan diinput ke dalam aplikasi SIAP TPB.

Sosialisasi menghadirkan 3 narasumber, masing-masing 2 orang dari Bappeda Provinsi Kalsel dan 1 orang dari Fakultas Teknik ULM.

~ Advertisements ~

Tinggalkan Balasan

Evaluasi Kinerja Dilakukan Bappedalitabang Kabupaten Banjar, Dalam Upaya Tingkatkan Kerja dan Kinerja

PLT Menteri Pertanian Dampimgi Presiden Jokowi Panen Raya Padi