KRI Dewaruci sedang bersandar di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin. Foto: Ranny Biro Adpim Prov.Kalsel
in

KRI Dewaruci Bersandar di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin

Sambutan hangat diberikan Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor atas kedatangan 186 orang taruna dan taruni AAL yang datang menggunakan KRI Makassar 590 dan KRI Dewaruci di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Rabu (15/11/2023) pagi.

Adapun kedatangan Taruna AAL Tingkat II Angkatan ke-71 melaksanakan Latihan Praktek (Lattek) Jalasesya tahun 2023 menggunakan dua KRI yaitu KRI Dewaruci dan KRI Makassar 590 dengan rute pelayaran Surabaya – Banjarmasin – Banyuwangi – Surabaya dibawah Perwira pelaksana latihan (Palaklat) Mayor Laut (P) Rendra Hariwibowo.

Kedatangan kapal legendaris dengan julukan Sang Legenda, kata Gubernur yang akrab disapa Paman Birin, menjadi suatu kebanggaan bagi masyarakat Kalsel Babussalam.

“Kami sangat bangga karena TNI Angkatan Laut merupakan kebanggaan dan pionir masyarakat Indonesia. Karena kita tahu, Indonesia sebagian besar merupakan lautan. Merekalah yang menjaga kedaulatan di laut, terutama perbatasan,” ucap Paman Birin setelah melakukan upacara penyambutan.

Kedatangan dua buah kapal milik TNI-AL tersebut, menurut Sahbirin Noor, merupakan bukti dedikasi dan profesionalisme TNI-AL dalam menjaga kedaulatan negara di lautan Indonesia.

Sahbirin Noor juga menaruh harapannya, agar latihan praktek Jalasesya para Taruna dan Taruni Tingkat II AAL Angkatan 71 dapat berjalan dengan lancar dan sukses.

Latihan ini ujar Sahbirin, penting untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan Taruna dan Taruni AAL dalam melaksanakan tugas negara di masa mendatang.

“Latihan ini penting guna meningkatkan kualitas dan kemampuan Taruna AAL agar siap melaksanakan tugas negara di masa mendatang. Saya yakin, dengan semangat bela negara yang tinggi, para Taruna AAL akan melewati latihan ini dengan baik,” sampai Paman Birin.

Pengalungan Bunga oleh Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor dan Ketua DPR Provinsi Kalsel Supian HK, dalam sambutan kedatangan Taruna AAL Tingkat II Angkatan ke-71 di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin. Foto: Ranny/Biro Adpim Prov.Kalsel

Sementara itu, Komandan KRI Makassar 590, Letkol Laut (P) Arief Kurniawan Hartanto, S.H, M.Tr.Opsla dalam wawancara menyampaikan, tujuan pelayaran ke Kalsel kali ini latihan praktek Jayasesya.

Dimana nantinya, sejumlah kegiatan akan mereka lakukan di laut dan juga di daratan.

Kegiatan pelayaran kali ini adalah dalam rangka kita mendukung latihan praktek Jayasesya Taruna Tingkat II AAL, Angkatan ke-71.

“Kita datang dengan KRI Makassar 590 dan KRI Dewa Ruci, yang masih dalam perjalanan. Nanti mereka akan praktek di laut tentang masing-masing keilmuan di kecabangan atau corpsnya. Sedangkan saat di darat, mereka akan melaksanakan kegiatan interaksi dengan masyarakat, berupa bakti sosial, bersih-bersih, tanam mangrove serta nanti mereka akan berkunjung ke SMA-SMA untuk mempromosikan Akademi Angkatan Laut,” jelasnya.

Rencananya Taruna dan Taruni AAL Tingkat II Angkatan ke-71, akan melaksanakan kegiatan selama kurang lebih tiga hari, rombongan ini nantinya akan kembali bertolak ke tujuan berikutnya, yaitu Banyuwangi pada tanggal 18 Nopember 2023 mendatang.

~ Advertisements ~

Tinggalkan Balasan

Paman Birin: Selamat Datang di Banua, Para Delegasi, Peserta dan Atlet POMNAS 2023

Belajar Dari Bencana Yang Telah Terjadi, TRC Dilakukan Peningkatan Kapasitas