Salah satu pasien sedang dilakukan skrining katarak, di RSD Idaman Kota Banjarbaru. Foto: Humas RSD Idaman
in

Kolaborasi Kemensos dan RSD Idaman, Puluhan Pasien Dapatkan Operasi Katarak Gratis

Skrining dan operasi katarak gratis bagi masyarakat tidak mampu, dilaksanakan Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia berkolaborasi dengan Rumah Sakit Daerah (RSD) Idaman Kota Banjarbaru, Senin (4/12/2023) pagi. 

Tercatat hingga siang tadi ada 44 pasien yang mendapatkan pelayanan skrining katarak gratis tersebut, dimana pelaksanaan skrining katarak terlebih dahulu dilaksanakan di Poliklinik Mata, RSD Idaman.

Direktur RSD Idaman Kota Banjarbaru, dr. Danny Indrawardhana melalui Kepala Bidang Pelayanan dr. Siti Ningsih mengungkapkan, untuk kegiatan melibatkan BRSPDM “Budi Luhur” dan BBPPKS.

“Jadi kegiatan ini merupakan program Kemensos dengan target 50 orang. Pelaksananya dari Budi Luhur dan BBPPKS. Disini kami (RSD Idaman) sebagai tempat pelaksanaan dan memfasilitasi. Alhamdulillah, banyak yang merasakan manfaat dari kegiatan ini,” ucapnya.

Dijelaskan Siti, berdasarkan hasil skrining katarak yang dilaksanakan hari ini, nantinya pasien yang telah dinyatakan layak selanjutnya akan dijadwalkan operasi katarak. Untuk pelaksanaannya sendiri dilakukan pada pertengahan Desember.

“Insya Allah, bagi pasien yang hari ini dinyatakan layak berdasarkan hasil skrining tanggal 16 Desember akan dilaksanakan operasi kataraknya. Semua ini gratis,” terangnya.

Pentingnya pelayanan operasi katarak gratis, untuk mempercepat tindakan, karena keterlambatan penanganan dapat menurunkan produktifitas pasien bahkan bisa mengakibatkan kebutaan. 

Terkhusus bagi masyarakat pra sejahtera, operasi katarak gratis tidak hanya memperjelas penglihatan, tapi berdampak signifikan pada kehidupan keluarga. 

~ Advertisements ~
~ Advertisements ~

Tinggalkan Balasan

Ratusan Pejabat Eselon II dan Eselon III Pemkab Kapuas Jalani Tes Urine Narkob

Nurgita Tiyas: Tugas Kader PKK Ajak Perempuan Lainnya Menuju Arah Lebih Baik