Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor terima penghargaan bidang kepemudaan dari Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo. Foto: Warta Wasaka
in

Kemenpora Berikan Penghargaan Kepemudaan Kepada Gubernur Kalsel Sahbirin Noor

Delapan kepala daerah, terima penghargaan bidang kepemudaan dari Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo, di Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Senayan, Jakarta, Rabu (23/8/2023).

Dari delapan kepala daerah, salah satunya Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor, yang menerima langsung penghargaan pada kegiatan Penganugerahan Rencana Aksi Daerah Pembangunan Kepemudaan, yang diserahkan Menpora Dito Ariotedjo.

Delapan penerima penghargaan sendiri merupakan kepala daerah yang telah selesai menyusun Rencana Aksi Daerah (RAD) Pelayananan Kepemudaan.

Menpora Dito sampaikan terima kasih atas kehadiran para Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati. Ia berharap penghargaan yang fokus mendorong pelayanan kepemudaan ini mampu memicu daerah lain di Indonesia melakukan hal serupa.

“Jadi, terima kasih bapak ibu telah hadir untuk menerima penghargaan ini. Semoga ini memicu daerah lain,” kata Menpora Dito saat itu.

Menurutnya, delapan kepala daerah itu telah melaksanakan pelayanan kepemudaan sebelum adanya Surat Kemendagri Nomor 400.3.5/9106/Bangda tanggal 18 Agustus 2023. Surat itu meminta Gubernur dan Bupati/Walikota melaksanakan Perpres No. 86/2021 tentang DBON dan Perpres No. 43/2022 tentang Koordinasi Strategis Lintas Sektor Penyelenggaraan Rencana Aksi Daerah (RAD) Pelayanan Kepemudaan.

“Delapan kepala pemerintah daerah yang hadir ini telah membuat pelayanan kepemudaan sebelum surat Mendagri 18 Agustus itu keluar. Jadi, kalau setelah 18 Agustus memang sudah kewajiban jadi bukan spesial lagi tapi beliau-beliau ini spesial,” terang Menpora Dito.

Sementara Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor mengatakan, disadari kondisi bangsa saat ini sangat bergantung pada pemuda, sehingga sudah menjadi keharusan bagi pemimpin atau kepala daerah, menyiapkan mereka dengan pengetahuan dan kemampuan atau skill. Hal ini juga ujar Paman Birin, yang menjadi harapan Presiden Joko Widodo.

“Sesuai harapan pak presiden dan menteri olahraga, agar kita Sesuai harapan pak presiden dan menteri olahraga, agar kita siap mencetak pemuda yang tangguh, terampil, tringginas, berakhlak dan beretika,” ujar Paman Birin.

Paman Birin (Sapaan akrab Gubernur Kalsel) juga memuji atas tindakan responsif Menpora dalam hal menyikapi keinginan Presiden terhadap peningkatan SDM para pemuda di tanah air.

“Terpenting, apakah itu pemerintah pusat, atau pemerintah daerah, harus hadir di hadapan pemuda,” ucap Paman.

Adapun selain Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor, yang menerima penghargaan yakni Gubernur Jawa Barat Ridwal Kamil, Gubernur Riau Syamsuar, Gubernur Kalimantan Utara Zainal Arifin Paliwang, dan Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura.

Hadir pula, Gubernur Sumatera Utara diwakilkan Kadispora Sumatera Utara Baharuddin Siagian, Bupati Bengkalis Kasmarni serta Wakil Bupati Kota Baru Andi Rudi Latif.

~ Advertisements ~

Tinggalkan Balasan

Pasar Murah Harjad Kabupaten Banjar, Beras Subsidi DKPP Banjar Diserbu Warga

Prof Zainal Sebut Kaum Muda Menjadi Sasaran Utama Penyebaran Paham Radikalisme Agama