Bupati Banjar Saidi Mansyur pukul gong yang menandakan Banjar Manis Festival tahun 2023 dibuka. Foto: RSB Banjarkab
in , ,

Banjar Manis Festival 2023, Upaya Melestarikan Budaya 

Bertempat di Alun-Alun Ratu Zalecha Martapura, Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Banjar gelar Banjar Manis Festival tahun 2023, Jumat (21/7/2033) sore.

Berbagai pertunjukan seni, kuliner dan kebudayaan meriahkan kegiatan, yang dibuka Bupati Banjar Saidi Mansyur.

Bupati Banjar Saidi Mansyur sangat mengapresiasi atas terlaksananya kegiatan Banjar Manis Festival. 

Menurutnya kegiatan tersebut sangat penting dan relevan untuk pelestarian budaya, kebangkitan ekonomi, menumbuhkan kreativitas pemuda, dan kekayaan intelektual yang dikemas dalam berbagai festival dan kompetisi.

”Saya berharap Banjar Manis Festival dapat mengakselerasi proses pelestarian budaya daerah, menciptakan insan muda yang kreatif dan inovatif, serta ajang promosi produk dan peningkatan ekonomi inklusif dan berkelanjutan di Kabupaten Banjar,” harap Saidi.

Bupati Banjar Saidi Mansyur dan Ketua TP PKK Kabupaten Banjar Nurgita Tiyas didampingi Wakil Bupati Banjar Said Idrus Al Habsyie sedang melihat-lihat kerajinan yang dijual di Banjar Manis Festival tahun 2023. Foto: RSB Banjarkab

Sementara itu Kabid Kebudayaan Disbudporapar Banjar Muhammad Syahid mengatakan, tujuan diselenggarakannya Banjar Manis Festival adalah untuk meningkatkan potensi daerah dalam membangun kepemudaan yang kuat, pelestarian budaya yang terus terjaga, serta penggerak roda perekonomian daerah, melalui potensi dari insan UMKM di Kabupaten Banjar.

”Diharapkan juga menjadi wadah atau hiburan bagi warga Kabupaten Banjar dan sekitarnya untuk mengakses kegiatan yang bersifat positif,” terangnya.

Banjar Manis Festival digelar selama 9 hari, sejak 21 hingga 29 Juli 2023. 

Beragam pertunjukan ditampilkan diantaranya festival islamic band akustik, workshop kewirausahaan pemuda, festival tari rudat, festival sinoman hadrah, festival maulid Habsyie, festival kuliner banjar, fashion show 3R (reduce, reuce, recycle) dan diakhiri malam puncak grand final nanang galuh Banjar.

~ Advertisements ~
~ Advertisements ~
~ Advertisements ~

Tinggalkan Balasan

Tim Penguji Universitas Sahid Jakarta Nyatakan Muhari Berhasil Dapatkan Gelar Doktor

Ditandai Pemukulan Bedug Oleh Gubernur Kalsel, MTQN Tingkat Prov. Kalsel Dibuka