Bimtek Pengelola perpustakaan tingkat desa dan sekolah se Kabupaten Kotabaru. Foto: Diskominfo
in

Tingkatkan Minat Baca Bagi Warga Tingkat Desa Dan Sekolah

Dinas Perpustakaan Kabupaten Kotabaru melaksanakan Bimtek untuk meningkatkan minat baca tingkat Desa dan sekolah bagi seluruh warga Desa, di ruang referensi Disarsipus Kotabaru, Kamis (18/4/24).

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kotabaru selalu bersinergi dan terus melakukan meningkatkan kompetensi bagi para pengelola perpustakaan ditingkat desa dan sekolah.

Diselenggarakannya bimbingan teknis pembinaan perspustakaan se Kabupaten Kotabaru, dibuka langsung Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kamiruddin.

Dikatakan Kamiruddin, Perpustakaan Desa merupakan satu sasaran yang menjadi perhatian dalam meningkatkan Sarana kualitas SDM yang mudah dijangkau masyarakat.

“Kami menghimbau untuk menjadikan perpustakaan desa, sekolah, sebagai sumber belajar masyarakat,” ucap kamiruddin.

Dirinya meminta kepada masyarakat untuk mensosialisasikan keberadaan perpustakaan beserta manfaatnya, untuk meningkatkan kualitas SDM masyarakat pedesaan.

Sementara Kabid pelayanan dan pembinaan perpustakaan Provinsi Kalsel, Adethia Hailina mengatakan Bimtek tujuannya untuk mengajarkan pengetahuan, tentang bagaimana perpustakaan yang standar, sesuai ketentuan perpustakaan Nasional.

“Untuk tahun ini akan kami persiapkan akreditasi perpustakaan desa dan sekolah, tentu harapan adanya persiapan akreditasi ini sudah lebih peduli terhadap perpustakaan,” bebernya.

Ditambahkan koordinator Pembinaan Perpusda Kotabaru Sofyan Hamid, peserta yang mengikuti bimtek merupakan pengelola atau pengurus perpustakaan desa dan sekolah sekabupaten kotabaru.

“Untuk itu kami mengajak secara pelan-pelan pengelola khusus disekolah karena tiap tahun pengelola perpustakaan diganti, unsur dari sekolah adalah indeks literasi pembangun masyarakat,”ucapnya.

Disampaikan untuk pengelolaan perpustakan desa,  sudah mampu untuk menyerap anggaran, karena pemerintah sudah mengalokasi Dana Desa (DD).

~ Advertisements ~
~ Advertisements ~

Tinggalkan Balasan

Berikut Nama 12 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Pemkab Kapuas yang Dilantik

Berantas Judi Online, Pemerintah Bentuk Gugus Tugas