Ketua KPU Kota Banjarbaru Rozy Maulana lakukan pembukaan pintu kontainer logistik surat suara. Foto: KPU Banjarbaru
in ,

Surat Suara Untuk Pemilu 2024 Tiba di Banjarbaru

Logistik surat suara tahap pertama untuk pelaksanaan Pemilu 2024 di Kota Banjarbaru, telah tiba di Gudang Logistik KPU Banjarbaru, Jumat (15/12) petang.

Surat suara yang datang, terdiri dari surat suara untuk DPRD Kota Banjarbaru seluruh Daerah Pemilihan (Dapil) sebanyak 399 koli, surat suara DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) Dapil 7 sebanyak 390 koli, dan surat suara DPR RI dapil Kalsel 2 sebanyak 159 koli.

Hingga Jumat Pukul 21.00 Wita, petugas masih membongkar muat surat suara dari kontainer ke Gudang Logistik, sekaligus menghitung jumlah surat suara yang datang.

Ketua KPU Banjarbaru, Rozy Maulana mengungkapkan, pihaknya belum bisa memastikan total keseluruhan surat suara yang tiba di gudang logistik.

“Karena sampai sekarang masih proses penghitungan. Kami harus memastikan jumlah yang datang ini sesuai dengan yang tertulis di berita acara,” ungkapnya, Jumat (15/12) malam.

Pembukaan kontainer surat suara disaksikan Ketua KPU Kota Banjarbaru Rozy Maulana. Foto: KPU Kota Banjarbaru

Selain untuk menyamakan jumlah, proses penghitungan katanya sekaligus memastikan kondisi fisik surat suara.

Surat suara yang datang hari ini bebernya, merupakan proses pendistribusian tahap pertama. Besok, Sabtu (16/12) akan datang lagi kontainer ke Banjarbaru.

“Tahap kedua nanti surat suara untuk Presiden dan DPD RI. Proses pendistribusiannya digabung dalam satu kontainer dengan logistik untuk KPU Tanah Laut dan KPU Tanah Bumbu,” jelas Rozy

Namun jika mengacu pada jumlah DPT dalam Pemilu serentak tahun 2024 di Kota Banjarbaru, maka surat suara yang tiba tentunya lebih dari itu

“Total DPT kita ada 190.609 orang, jumlah ini dikali lima (DPRD Kota, DPRD Provinsi, DPD RI, DPR RI dan Presiden) lalu dikali 2 persen. Itulah jumlah surat suara seharusnya untuk Kota Banjarbaru,” papar Rozy.

“Jadi kemungkinan besok (Sabtu) baru bisa keluar jumlah pastinya,” pungkasnya.

Diketahui sebelumnya. Selain menyimpan surat suara, saat ini Gudang Logistik KPU Kota Banjarbaru juga jadi tempat menyimpan logistik lainnya..

Di antaranya, bilik suara berjumlah 3.592, kemudian segel plastik atau kabel ties sebanyak 117 kotak atau 23.400 pcs.

Kemudian, tinta pemilu sebanyak 37 kotak dan segel pemilih berbentuk stiker berjumlah 86.288 pcs.

Sebelumnya, Ketua KPU Kota Banjarbaru, Rozy Maulana menyebutkan, ada 260 box surat suara untuk Kota Banjarbaru.

“Kontainer (surat suara<-red) kita gabung dengan Tanah Bumbu dan Tanah Laut,” ungkap Rozy.

Selama proses cetak ujarnya, pihak penyedia sangat selektif dan hati-hati. Jika ditemukan adanya cetakan rusak mereka (penyedia<-red) akan segera menyortirnya.

“Kami sudah mencocokan dengan DCT (Daftar Calon Tetap<-red) kita. Alhamdulillah semuanya cocok. insyaAllah tidak ada salah dalam penulisan nama, gelar dan nomor urut,” cetusnya.

Diketahui, total pemilih untuk semua usia dalam pemilukada 2024 di 5 Kecamatan Banjarbaru berjumlah 190.609 suara.

Suara terbanyak ada di Kecamatan Landasan Ulin, yakni 54.750 suara. Sedangkan suara paling sedikit ada di Kecamatan Cempaka, hanya ada 28.502 suara

Surat suara yang akan digunakan dalam pemilu 2024 mendatang, hanya beberapa kontestasi yang menampilkan wajah peserta pemilu, yakni Pemilihan Presiden dan Dewan Perwakilan Daerah.

Sisanya hanya menampilkan nama partai, logo partai dan nama si calon peserta pemilu.

Surat suara sah dicoblos apabila masyarakat mencoblos lambang partai atau nomor partainya.

Rencananya pada hari ini Sabtu (16/12/2023), logistik surat suara untuk tahap kedua akan kembali datang.

~ Advertisements ~
~ Advertisements ~

Tinggalkan Balasan

Ibadah dan Perayaan Natal Tahun 2023 di Kadamangan Kapuas Hilir Berlangsung Khidmat

Pengamanan dan pemeliharaan TI Lapas Narkotika Karang Intan Dilakukan Pendampingan