Sekda Kotabaru Said Akhmad menyerahkan secara simbolis SUKMA, kepada warga binaan.
in

SUKMA Diserahkan Sekda Kotabaru Kepada WBP

Penyerahan Surat Keterangan Melek Aksara (SUKMA), Program Pendidikan Keaksaraan Dasar, dilaksanakan Lapas Kelas IIA Kotabaru, di Aula Cendrawasih, Rabu (21/2/2024).

Sebanyak 20 warga binaan berhak menerima Surat Keterangan Melek Aksara, program pendidikan keaksaraan dasar tahun 2024, yang telah menjalani ujian keaksaraan dasar.

Progaram ini berlangsung sejak Lapas Kotabaru dipimpin oleh Yosef Yembise sejak awal 2022. Hingga kini telah meluluskan 119 warga binaan dari buta aksara.

Pada kesempatan ini, Sekda Kotabaru Said Akhmad menyerahkan secara simbolis SUKMA, kepada warga binaan. 

Ia sangat sangat mengapresiasi porgram pembinaan pendidikan yang dilakukan oleh Lapas Kotabaru ini.

“Pendekatan humanis yang dilakukan oleh Kalapas Kotabaru dan jajarannya telah berhasil membuat pembinaannya berjalan sangat baik. Salah satunya pemberantasan buta aksara. Hal ini juga turut membantu program pemerintah daerah menuntaskan buta aksara,”ujar Sekda.

Selain penyerahan SUKMA, Sekda juga turut membuka Kegiatan Pelatihan Bahasa Isyarat, yang diikuti oleh pegawai Lapas Kotabaru dan warga binaannya.

“Kami akan selalu siap membantu apa yang diperlukan untuk mendukung program pembinaan di lapas Kotabaru,” sambungnya.

Sementara Kalapas Yosef Benyamin Yembise mengungkapkan, Lapas Kotabaru berkomitmen penuh untuk memanusiakan manusia, dengan berbagai kegiatan pembinaan terbaik untuk warga binaan.

“Kami selalu berupaya melakukan pembinaan yang terbaik. Salah satunya pemberantasan buta aksara ini. Hal ini juga membantu pemerintah untuk turut serta mencerdaskan kehidupan bangsa yang sudah di amanatkan oleh UUD 1945,” tutur Kalapas.

Ia juga mengucapakan terimakasih kepada Sekda dan tamu undangan lainnya yang telah hadir dan mendukung program ini.

Iwan, salah satu warga binaan yang menerima SUKMA mengaku sangat senang dengan program yang ia jalani bersama teman-temannya. 

Menurutnya, di luar dugaan ia dapat membaca dan menulis.

“Saya dan teman-tema di sini mengucapkan terimakasih kepada Ayah (Kalapas Kotabaru) dan jajaran atas terlaksanakanya program ini,” tutur Iwan.

~ Advertisements ~

Tinggalkan Balasan

DPKP Banjar Sempurnakan Ranwal Renja Tahun 2025

Cuaca Panas Di Kala Musin Penghujan, Kota Samarinda Berpotensi Terjadi Karhutla