Wakil Rektor (Warek) Bidang Akademik (Bidak) Untad, Dr. Eng. Andi Rusdin, S.T., M.Sc., dalam konferensi pers terkait pelaksanaan SMMPTN Tahun 2023, bertempat di Gedung Rektorat Untad pada Kamis (15/06) siang. (Foto: Junaidi/banuatv)
in

Pendaftaran SMMPTN Untad Dibuka Mulai 17 Juni 2023, Sebanyak 2308 Mahasiswa Baru Akan Diterima

Universitas Tadulako (Untad) secara resmi mengumumkan pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru jalur Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) Tahun 2023.

Untad akan membuka pendaftaran SMMPTN mulai tanggal 17 Juni 2023 hingga 5 Juli 2023.

Hal itu disampaikan oleh Wakil Rektor (Warek) Bidang Akademik (Bidak) Untad, Dr. Eng. Andi Rusdin, S.T., M.Sc., dalam konferensi pers terkait pelaksanaan SMMPTN Tahun 2023, bertempat di Gedung Rektorat Untad pada Kamis (15/06) siang.

“Pada tanggal 17 Juni 2023 pukul 15.00, Universitas Tadulako akan memulai proses pendaftaran calon peserta Ujian melalui jalur SMMPTN secara online di https://smmptn.untad.ac.id/. Pendaftaran akan berlangsung hingga tanggal 5 Juli 2023. Calon peserta memiliki kemungkinan untuk mendaftar melalui platform online yang disediakan oleh pihak universitas. Selama proses ini, calon peserta diharapkan mengisi formulir pendaftaran dan mengunggah dokumen-dokumen yang diperlukan sesuai persyaratan,” terangnya.

Pada konferensi pers tersebut, Dr. Andi Rusdin menyatakan, Untad sudah menetapkan jumlah kuota peserta yang akan diterima melalui jalur Seleksi Masuk Mandiri Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN), untuk tahun 2023 lewat Surat Keputusan Rektor Nomor 6820/UN28/PD/2023.

“Menurut keputusan tersebut, universitas kita akan menerima sebanyak 2308 mahasiswa melalui jalur tersebut. Angka ini setara dengan maksimal 30% dari total kuota penerimaan mahasiswa baru universitas pada tahun 2023. Kuota tersebut terbagi secara proporsional untuk 59 program studi tingkat Sarjana dan Diploma yang ada di Universitas Tadulako,” kata Warek Bidak.

Lebih lanjut, terkait dengan kriteria kelulusan dalam jalur SMMPTN di Universitas Tadulako, Dr. Andi Rusdin menjelaskan bahwa hal itu akan ditetapkan berdasarkan nilai akademik hasil ujian yang dicapai oleh calon peserta.

Selain itu, kata dia, universitas juga akan memberikan perhatian khusus pada keluarga dengan kondisi keuangan yang kurang mampu, dengan mengalokasikan kuota kelulusan sebesar 20% di setiap program studi. Namun, tetap akan ada pertimbangan kelulusan berdasarkan prestasi ujian yang telah dicapai oleh calon peserta itu. 

“Dengan demikian, Universitas Tadulako berkomitmen untuk menciptakan kesempatan yang adil bagi calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu, untuk melanjutkan pendidikan tinggi dan meraih kesuksesan akademik,” jelas dia.

Ujian SMMPTN dijadwalkan berlangsung mulai dari tanggal 13 hingga 25 Juli 2023. Pengumuman hasil ujian SMMPTN direncanakan akan dilakukan pada tanggal 31 Juli 2023 melalui akun masing-masing peserta.

Informasi resmi mengenai penerimaan mahasiswa baru hanya akan diakses melalui situs resmi Universitas Tadulako di https://untad.ac.id/ atau melalui akun peserta ujian resmi yang disediakan oleh panitia di https://smmptn.untad.ac.id.

Para peserta yang telah mendaftar diharapkan secara rutin memeriksa akun pribadi mereka dan mengikuti perkembangan terkini, serta memastikan bahwa mereka memperoleh informasi resmi yang akurat mengenai hasil seleksi dan proses penerimaan mahasiswa baru.

~ Advertisements ~
~ Advertisements ~

Tinggalkan Balasan

Produk UMKM Lokal Masuk Ritel Moderen

Upaya Gairahkan Kembali Pameran Video Game Pasca Darurat Pandemi