Bupati Banjar Saidi Mansyur tanda tangani 69 Inovasi Daerah Kabupaten Banjar, di Mahligai Sultan Adam Martapura. Foto: MC Banjar
in ,

Pemkab Banjar Berkomitmen Lakukan Reformasi Birokrasi

Wujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang bersih, kapabel, dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, salah satunya dengan berinovasi.

Untuk itu Pemerintah Kabupaten Banjar berkomitmen lakukan reformasi birokrasi.

Reformasi Birokrasi dengan berinovasi, diperkuat dengan dilakukannya Penandatanganan Perjanjian Komitmen Inovasi Lingkup Pemkab Banjar, di Mahligai Sultan Adam lantai 2 Martapura, Selasa (06/02/2024) siang.

Para Kepala SKPD lakukan penandatanganan Perjanjian Komitmen Inovasi Lingkup Pemkab Banjar. Foto: MC Banjar

Dijelaskan Bupati Banjar Saidi Mansyur, inovasi dimaksud yakni inovasi yang mendukung visi misi Kabupaten Banjar, berdasarkan dokumen perencanaan pembangunan daerah sehingga tercapainya Major Project di daerah.

“Salah satu upaya untuk merealisasikan hal tersebut maka dilaksanakan penandatanganan perjanjian inovasi daerah, yang bertujuan untuk mempertegas seluruh perangkat daerah berkomitmen untuk berinovasi guna meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat,” terangnya.

Saidi Mansyur juga meminta kepada para kepala perangkat daerah, untuk memenuhi perjanjian yang ditandatangani, dengan melakukan monitoring dan evaluasi secara berkelanjutan terhadap inovasi-inovasi yang telah diterbitkan serta terus mengembangkannya.

“Tentu tak hanya dorongan dan semangat yang akan kita berikan tetapi juga reward bagi inovator yang telah membuat inovasi terutama yang terbukti dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Banjar,” ungkapnya.

Sementara Kepala Bappedalitbang Banjar Nashrullah Shadiq menyampaikan, sebanyak 46 inovasi yang ditandatangani kepala perangkat daerah dan camat dari total 69 inovasi pada tahun 2023. 

Sedangkan 23 inovasi lainnya 1 dari Kelurahan Murung Keraton, dan 22 dari UPT Puskesmas.

“Kami berharap dengan adanya inovasi ini, cara SKPD mencapai target-target yang telah ditetapkan menjadi lebih efektif dan efisien,” sambungnya.

Nashrul menambahkan, indeks inovasi daerah Kabupaten Banjar pada 2023 meningkat 57,64 persen dari sebelumnya pada 2022 yaitu 52.53 persen.

Ia berharap pada 2024 indeks tersebut meningkat menjadi 60 persen sehingga Kabupaten Banjar bisa meraih penghargaan atau insentif daerah dengan kategori “Sangat Inovatif”.

~ Advertisements ~
~ Advertisements ~

Tinggalkan Balasan

BPBD Banjar Kedatangan BPBD Tanjab Barat Pelajari Penanggulangan Bencana 

KPU Banjar Terus Distribusikan Logistik Pemilu 2024