in , , , ,

Olahan Pala Menjadi Penghasilan Tambahan Warga Buntar

Banua TV – Kampung Buntar, Kelurahan Muara Sari, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor adalah kampung penghasil komoditi pala. Hampir semua warga memiliki pohon pala yang dijadikan penghasilan tambahan keluarga. Umumnya, warga memanen buah pala untuk menjual bagian bijinya. Sedangkan bagian daging buahnya dibuang karena tak ada yang menapung.

Sejak adanya dapur pengolahanan buah pala (dapur Mysari) yang dikelola Nurhasanah, bagian daging buah pala kini diolah menjadi sirup, manisan dan permen. Kini warga memiliki penghasilan tambahan dengan menjual bagian daging buah pala yang sebelumnya dibuang ke lingkungan. Produk olahan buah pala Mysari diharapkan menjadi salah satu oleh-oleh khas Kota Bogor.

Meski belum menjadi kawasan maju, siapa sangka Kampung Buntar telah menerapkan paradigma sustainability, yakni menciptakan usaha berkelanjutan yang berpihak pada profit (aspek ekonomi), people (aspek sosial), dan planet (aspek lingkungan).

Aksi menanam dan mengolah buah pala tak hanya menguntungkan masyarakat secara ekonomi, namun juga turut menghijaukan lingkungan. Warga semakin giat menanam pala karena dapat menjadi sumber penghasilan.

Dilansir dari Youtube Official Kementerian Pertanian | Website Kementerian Pertanian

Tim Pemenangan Manis Kunjungi Bunglai dan Pasar

Kementerian Pertanian Raih Penghargaan Indonesia Government Procurement Award 2020