Desain Nagara Rimba Nusa pemenang sayembera desain, hasil karya yang memenangkan sayembara desain,
in

Nagara Rimba Nusa, Ibukota Negara Modern Ramah Lingkungan

Nagara Rimba Nusa adalah konsep desain calon ibu kota Indonesia yang baru, sekaligus pemenang dari Sayembara Desain Ibu Kota baru tahun 2019 dalam rangka persiapan pemindahan ibu kota Indonesia dari Jakarta. Desain Nagara Rimba Nusa merupakan hasil karya studio desain Urban+ yang mengalahkan 755 desain dalam sayembara tersebut.

Nagara Rimba Nusa memiliki arti pemerintahan (Nagara), hutan (Rimba), dan pulau (Nusa). Dari luas area Ibu Kota Negara yang mencapai 202 hektare, konsep inti dari Nagara Rimba Nusa hanya menyerap lahan seluas 2.000-3.000 hektare.

Filosofi desain
Para perancang Nagara Rimba Nusa menggunakan beberapa pertimbangan sebagai dasar untuk merancang desain Nagara Rimba Nusa, yakni:

Konsep Tri Hita Karana (Alam, Manusia, dan Tuhan)
Kondisi alam agar pembangunan kota tidak mengorbankan ekosistem lingkungan

Keseimbangan manusia dan alam
Prinsip bio mimikri, yakni tidak menghalangi aliran angin dan tidak menyedot air tanah berlebihan

Tata kota modern
Pembangunan dan sifat manusia
Mengusung kota pintar (smart city) dengan adanya pusat komando digital (kamera CCTV dan kecerdasan buatan untuk pusat komando lalu lintas, air, energi dan pelayanan publik)

Pada tahap pertama, Pemerintah akan memfokuskan pembangunan berbagai Infrastruktur Dasar dan Gedung Perkantoran di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP).
Mengusung konsep Future Smart Forest City, fokus pembangunan IKN Nusantara seluas 256.000 ha tersebut, Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) seluas 1.600 ha (25%) dari total luas KIPP sebesar 6.600 ha. Sisanya, 5.000 ha akan dipertahankan sebagai area hijau. Hingga saat ini, sekitar 50 proyek konstruksi telah dilaksanakan Kementerian PUPR di wilayah IKN di Penajam Paser Utara Provinsi Kalimantan Timur.

sumber video : youtube KemenPUPR
https://www.youtube.com/watch?v=e4u9dxUC6Yo

~ Advertisements ~
~ Advertisements ~
~ Advertisements ~

Tinggalkan Balasan

Ruko Tiga Pintu Terbakar, 1 Orang Meninggal Dunia Diduga Terjebak

Bappelitbangda Kabupaten Banjar Bersama SKPD Bahas Lokus Stunting Tahun 2025