in ,

Meriah Dari Tahun Sebelumnya, HSN ke 7 di Kabupaten Banjar Ditutup

Usai dilaksanakan selama sepekan, Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) ke 7 di Kabupaten Banjar tahun 2023, di RTH Alun-Alun Ratu Zalecha Martapura, resmi ditutup oleh Bupati Banjar H Saidi Mansyur diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Masruri, Minggu (28/10/2023) malam.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Masruri mengatakan, peringatan ini adalah sebuah tonggak bersejarah dan moment kebanggaan semua orang di Kabupaten Banjar.

Selain itu, peringatan hari santri yang digelar sejak 22 Oktober lalu, dikatakan, telah menjadi sebuah ajang yang penuh dengan semangat, yang diwarnai berbagai kegiatan dan lomba, dengan menampilkan dedikasi kecerdasan, serta semangat juang para santri, sehingga dari tahun ke tahun semakin meriah.

”Peringatan hari santri 2023 bertema “Jihad Santri, Jayakan Negeri” adalah sebuah tema yang memiliki makna sangat dalam, tema ini mencerminkan peran penting dan kontribusi besar santri dalam membangun masyarakat serta bangsa,” imbuhnya.

Masruri berharap, peringatan hari santri ini dapat menjadi pemicu semangat dan motivasi bagi generasi muda untuk menjalani kehidupan, yang berlandaskan pada nilai-nilai keagamaan dan kebangsaan yang telah menjadi ciri khas bangsa Indonesia.

“Mari semua kita terus mendukung dan mendorong perkembangan pesantren sebagai lembaga pendidikan yang telah melahirkan pemimpin-pemimpin bangsa dan perekat keberagaman budaya,” tambahnya.

Sementara, Ketua Tanfidziah PCNU Kabupaten Banjar Nuryadi mengucap syukur kegiatan berjalan dengan lancar, berkat dukungan dan kerjasama semua pihak. 

Ia menyebut kegiatan tersebut berlangsung meriah dibandingkan tahun sebelumnya.

”Mudah-mudahan ini akan terus kita laksanakan dan harus ditingkatkan kedepannya, sebagaimana julukan kota kita yaitu Serambi Mekkah kotanya para santri,” harapnya.

Kepada para juara, dirinya mengucapkan selamat dan berharap menambah semangat santri dalam menimba ilmu di ponpes. Sedangkan bagi santri yang belum mendapat juara, jangan putus asa dan masih ada kesempatan di tahun berikutnya.

Pada event tersebut beberapa cabang yang dilombakan yakni Musabaqah Tilawatil Quran, Musabaqah Qira’atil Kutub, Festival Syair Maulid, Habsyi, Musabaqah Khattil Quran, Pidato Bahasa Arab, stan dan kirab pawai santri. Para juara masing-masing mendapat uang pembinaan, trophy dan piagam penghargaan.

Di akhir penutupan, dilakukan penyerahan beasiswa dari Lazis NU Banjar melalui Gerakan Koin NU oleh Ketua Tanfidziah PCNU, dan Asisten Pemerintahan dan Kesra kepada M Yasin juga Nita Nur Syifa.

~ Advertisements ~

Tinggalkan Balasan

Kades Suriato Dan Kades Nanang Karyadi Terima Penghargaan dari Polres Kapuas

Melihat Penampilan Anak Berkebutuhan Khusus di Acara Semarak Bulan Bahasa