Kunjungan Kerja Spesifik Komisi V DPR RI ke Prov. Lampung bersama Kementerian PUPR. Foto: Kementerian PUPR
in ,

Kementerian PUPR Pastikan Jalan Nasional Lampung Siap Dukung Kelancaran Mudik

Jalan Nasional di Provinsi Lampung, siap untuk mendukung kelancaran arus lalu lintas, dan kenyamanan pengguna jalan pada mudik Tahun 2024.

Hal tersebut dipastikan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), melalui Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Lampung, Direktorat Jenderal Bina Marga.

Jalan Nasional di Provinsi lampung, yang panjangnya 1.298,48 KM dengan kondisi kemantapan 93,90% , terdiri dari 5 bagian yaitu, Jalan Lintas Timur Sumatera (285,18 km), Jalan Lintas Tengah Sumatera (323,89 km), Jalan Lintas Barat Sumatera (323,62 km),Jalan Lintas Penghubung (347,86 km), dan Jalan Non Lintas Dalam Kota Bandar Lampung (17,93 km). 

Sementara itu jembatan pada Jalan Nasional di Provinsi Lampung sepanjang 11.724 M.

Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Hubungan Antar Lembaga, K.M. Arsyad mengatakan, sebagai persiapan mudik lebaran di Prov. Lampung, Kementerian PUPR melalui BPJN Lampung telah melaksanakan antara lain, pemeliharaan rutin jalan (penutupan lubang) dalam rangka menuju zero pot holes, pemeliharaan bahu jalan (pengendalian tanaman), Pemeliharaan drainase, Pemeliharaan jembatan (pengendalian tanaman, pengecatan), dan perkerasan jalan. 

“Kami laporkan saat ini progres penutupan lubang per tanggal 24 Maret 2024 telah mencapai 70%, dengan target pada H-10 atau tanggal 31 Maret 2024, semua pekerjaan penutupan lubang telah selesai” jelas Arsyad pada saat mendampingi Kunjungan Kerja Spesifik Komisi V DPR RI ke Prov. Lampung Rabu (27/3). 

Kementerian PUPR juga telah mengidentifikasi antara lain, 13 titik rawan bencana banjir; 28 titik rawan bencana longsor; 5 titik rawan kecelakaan dan 34 titik rawan kemacetan di Prov. Lampung. 

Untuk itu Kementerian PUPR telah melakukan persiapan antara lain dengan membentuk 11 lokasi Posko Lebaran Siaga Sapta Taruna yang akan berada di sepanjang Jalan Nasional di Prov. Lampung dan dilengkapi dengan tempat istirahat, toilet, mushola, perlengkapan ibadah, kelengkapan K3 dan kesehatan. Di Lokasi tersebut juga disiagakan alat berat (disaster relief unit) dan material untuk penanganan darurat. 

Sedangkan jaringan Jalan Tol di Provinsi Lampung dan Sumatera Selatan terdiri dari, Bakauheuni-Terbanggi Besar sepanjang 140 km, Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung dengan panjang operasi 189 km, dan Kayu Agung-Palembang-Betung dengan total panjang 112 km dan telah beroperasi sepanjang 38 km. 

Pada mudik Lebaran tahun ini, ada empat ruas Jalan Tol dengan total panjang 134,5 km yang akan fungsional yaitu, Jalan Tol Kuala Tanjung – Tebing Tinggi – Parapat Seksi 2 Kuala Tanjung – Indrapura dan Seksi 3-4 Sinaksak – Seribu Dolok sepanjang 56,6 km; Jalan Tol Bangkinang – Koto Kampar sepanjang 24,7 km; Jalan Tol Indrapura – Kisaran Seksi 2 Limapuluh – Kisaran sepanjang 32 km dan JalanTol Kayu Agung – Palembang – Betung sepanjang 21,2 km.

Sedangkan kesiapan pada Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar antara lain: 12 rest area, 6 titik SPBU, 26 VMS gerbang dan lajur, 289 titik CCTV gerbang jalur, 69 unit operasional dengan total stand-by personnel 640 orang dengan jasa layanan operasi, patroli jalan raya, dan paramedis. Selain itu dalam mendukung operasional transaksi, dilakukan pelayanan penggunaan mobile reader dan pembantuan taping kartu untuk mengurai kemacetan di gerbang tol.

Sementara Wakil Ketua Komisi V DPR RI selaku ketua rombongan kunker, mengingatkan Kementerian PUPR untuk dapat mengantisipasi kendaraan over dimension overload (ODOL) yang akan memasuki jalan tol. 

“Selain itu kendaraan juga harus dipastikan laik jalan supaya tidak mengganggu lalu lintas di dalam jalan tol” tambah Andi Iwan.

~ Advertisements ~
~ Advertisements ~

Tinggalkan Balasan

Pasca Banjir, Ruas Jalan Simpang Tiga Trengguli-Batas Demak/Kudus Diperbaiki

Munculkan Bakat Dan Kreatifitas Anak