Dinas PUPR Kalimantan Selatan akan menggelar kejuaraan balap sepeda, yang rencananya akan digelar 2 Desember mendatang.
in

Kejuaraan Balap Sepeda PUPR Kalsel, Total Hadiah 200 Juta Rupiah

Perayaan Hari Bakti (HARBAK) PUPR ke 78 tahun, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), akan gelar kejuaraan balap sepeda.

Rencananya kejuaraan akan digelar pada tanggal 2 Desember mendatang, dengan hadiah total sebesar 200 juta rupiah..

Untuk kategori yang dipertadingkan akan dibagi menjadi 4 kelas, yaitu Men U-19 Lokal, Men Elit usia 19 sampai dengan 30 tahun semua peserta luar Kalsel, Men Open Lokal dan luar peserta umur 31 tahun ke atas, dan Women open lokal dan luar semua umur. 

“Jadi even balap sepeda ini dibagi menjadi 4 kelas dan semua kelas ada hadiahnya. Adapun total hadiah yang disiapkan panitia sebesar Rp200 juta,” kata Kadis PUPR Kalsel, Ahmad Solhan melalui Sekretatis Andri Fadli, Senin (20/11/2023). 

Andri Fadli menjelaskan, para peserta akan menempuh jarak sepanjang 78 km dengan mengambil start dan finish di depan Kantor Dinas PUPR Kalsel di Banjarbaru.

“Jarak tersebut akan dibagi menjadi 2 start, pertama FUN Race dengan jarak tempuh sepanjang 35 km, dan kedua, Road Race dengan jarak tempuh sepanjang 43 km. Peserta akan melewati tiga daerah yaitu Kabupaten Banjar, Tanah Laut, dan Kota Banjarbaru dengan trek yang menantang dan pemandangan pegunungan yang indah,” ucapnya. 

Menurutnya, sampai saat ini berdasarkan laporan panitia ada sebanyak 250 peserta telah mendaftar, dan diperkirakan 50 peserta berasal dari berbagai klub sepeda dari luar Kalimantan Selatan, seperti Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Kalteng dan Kalteng. 

“Sampai saat ini sudah ada mendaftar 250 peserta dari Kalsel hingga daerah luar kalsel,” ungkapnya. 

Demi menjamin keselamatan para peserta, lanjut Andri Fadli, telah disiapkan personil pengamanan dan tim medis pada lokasi tertentu, termasuk pihak keamanan jalur yang dikoordinasikan dengan beberapa Kapolsek di sepanjang lintasan yang akan dilalui.

“Jadi kita sudah berkoordinasi dengan pihak polisi untuk keamanan, juga menurunkan 100 panitia di sepanjang trek,” katanya.

Tidak hanya hadiah uang tunai, untuk membuat kegiatan ini lebih hidup dan berkesan, kegiatan turut dihibur artis ibu kota yaitu Yeni Inka.

“Semoga kegiatan ini dapat terus digelar dan menjadi referensi dalam dunia sepeda di tahun-tahun berikutnya. Apalagi balap sepeda ini menyajikan trek yang menantang, juga menjaga kepercayaan dari peserta dan memperkuat tali persaudaraan antar pesepeda. Terlebih lagi dengan kehadiran atlet binaan dari PUPR Kalsel harapan dan semangat juang para pemain semakin terasa,” pungkasnya. 

~ Advertisements ~

Tinggalkan Balasan

Khazanah Budaya Turun Temurun, Pasar Terapung Terus Diupayakan Tetap Lestari

Potensi Pergerakan Masyarakat Pada Libur Nataru Dipredikasi Meningkat Signifikan