in ,

Kalsel Jadi Tuan Rumah KBN Tingkat Nasional, 1700 Peserta Akan Datang ke Kalsel

Kemah Bela Negara (KBN) Tingkat Nasional Tahun 2023, akan digelar di Provinsi Kalimantan Selatan, tepatnya di Kiram Park, Kabupaten Banjar.

Provinsi Kalimantan Selatan sebagai tuan rumah pelaksanaan, Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor mengajak semua pihak, stakeholder, dan masyarakat untuk turut menyukseskan kegiatan tersebut.

“Ayo, kita sukseskan Kemah Bela Negara Tingkat Nasional Tahun 2023 di Banua kita,” ajak Gubernur Kalsel Sahbirin Noor.

Dijelaksan Sahbirin Noor, penunjukan Kalsel sebagai tuan rumah harus seiring dengan pelayanan yang diberikan. Baik dari segi fasilitas kegiatan hingga keramahan panitia dan warga Kalimantan Selatan.

Dirinya juga berharap, gelaran KBN ini juga bisa mendorong pertumbuhan ekonomi, khususnya UMKM yang ada di Kalimantan Selatan.

KBN 2023 ini akan diikuti peserta dengan jenjang usia 11-15 tahun, dimana peserta akan datang mulai tanggal 10 Juli. Dengan total peserta yang akan datang sekitar 1.700 bersama para pendamping.

Berbagai kegiatan akan menyemarakkan kegiatan KBN 2023, setelah peserta datang pada 10 Juli 2023 mendatang.

Seperti pada 11 Juli 2023 misalnya. Peserta putri akan melakukan moving camp dari Tahura menuju puncak Tengger Tahura Sultan Adam melalui jalan Pangeran Surianata dengan jarak tempuh sekitar 13,9 km.

Sedangkan peserta putra akan melakukan olahraga permainan tradisional. Seperti Enggrang, Terompah Panjang, Gebuk Bantal, Tarik tambang. Lalu juga ada Balogo, Sumpitan, Panahan Tradisional, Lari Balok, Hadang serta Ketapel.

Pada tanggal 12 Juli, giliran peserta putra akan moving camp dengan rute yang sama dengan estimasi waktu sekitar 27 menit.

Untuk arah turun menempuh jaran 4,78 km dari Puncak Tengger Tahura Sultan Adam menunju Sub Camp via Bukit Tirai Hujan untuk titik istirahat peserta diperkirakan memakan waktu 2 jam.

Agenda lainnya juga akan ada wisata penanaman mangrove untuk peserta putri (12 Juli) dan putra pada 13 Juli 2023.

Lalu juga ada kunjungan museum dan kunjungan ke Perpustakaan Daerah (jumpa tokoh) pada 14 Juli.

Menariknya lagi, pada malam tanggal 12 Juli ke tanggal 13 Juli akan ada kegiatan 1 hari bersama TNI/Polri dan pada malam 14 Juli ke 15 Juli akan ada Malam Bhineka Tunggal Ika.

untuk menggaungkan rasa Bela Negara, setiap awal kegiatan pagi akan ada terompet yang diiringi mars bela negara. Begitu juga pada malam harinya, juga akan ada terompet diiringi mars atau lagu bela negara.

Saat ini Pemprov dan Kwarda Pramuka Kalsel terus mempersiapkan sarana dan prasarana pendukung, seperti sarana dapur umum, toilet, air bersih, kesehatan hingga penguatan sinyal ke pihak provider.

Termasuk juga untuk LO (Liaison Officer) akan menjadi tanggung jawab masing-masing SKPD dan kita akan memberikan pelayanan terbaik untuk semua peserta.

~ Advertisements ~

Tinggalkan Balasan

Kambing Boer, Kambing Pedaging Yang Sesungguhnya

Menparekraf Sandiaga Uno Apresiasi Desa Wisata Kelawi, Lampung