Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Gerakan Pramuka Kalsel, H.Sahbirin Noor, berikan arahan pada pelepasan kontingen regu pramuka Kalimantan Selatan yang akan mengikuti Lomba Tingkat Regu Pramuka Penggalang Lima (LT-V) Tahun 2023 di Kediaman Gubernur Kalsel pada Rabu (14/6) pagi. (Foto:Naimah Mahmudah/ Warta Wasaka)
in

Ikuti LT-V di Cibubur, Kontingen Regu Pramuka Kalsel Diberi Arahan Oleh Mabida

Arahan diberikan Gubernur Kalimantan Selatan yang juga Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Gerakan Pramuka Kalsel, H.Sahbirin Noor, pada pelepasan kontingen regu pramuka Kalimantan Selatan yang akan mengikuti Lomba Tingkat Regu Pramuka Penggalang Lima (LT-V) Tahun 2023 di Kediaman Gubernur Kalsel pada Rabu (14/6) pagi.

Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor dalam sambutannya menyampaikan, bahwa Indonesia merupakan salah satu negera yang akan mengalami bonus demografi atau kelebihan penduduk. Dimana hal ini menurutnya memiliki dua sisi yakni positif dan sisi negatif.

“Hal ini akan bernilai positif apabila penduduk Indonesia yang menjadi bonus demografi ini punya kemampuan, keterampilan, ketangguhan dan punya kecerdasan. Apabila ini terjadi, bonus demografi akan menjadi manfaat bagi negara kita,” ujar Paman Birin.

Dilanjutkannya, namun jika penduduk yang jumlahnya berlebih ini malas, tentu akan menjadi suatu yang negative.

Dirinya juga menyampaikan bahwa salah satu cara untuk mencapai bonus demografi yang positif yakni dengan gerakan Pramuka.

“Bagaimana bisa mendapatkan bonus demografi yang tangguh, cerdas dan terampil tadi? Ya dari adik-adik ini, dan salah satu jalannya adalah dengan mengikuti gerakan Pramuka ini,” ujarnya.

Melalui kegiatan pramuka, dirinya berharap manfaat yang dihasilkan dapat bermanfaat jangka panjang untuk menuju Indonesia Emas 2045.

“Kita berharap kegiatan yang dilakukan oleh pramuka ini tidak hanya menghasilkan manfaat yang bersifat sementara, tapi juga ada jangka panjangnya. Seiring dengan harapan Indonesia mampu menuju masa-masa keemasannya di tahun 2045,” sampainya.

Sebelum melepas kontingen secara resmi, Paman Birin juga mendo’akan kesuksesan dan keselamatan para kontingen yang akan berpartisipasi pada LT V yang akan diselenggarakan di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur.

“Kita tentunya mendo’akan kalian semua selamat, berangkat dan pulang tidak ada kurang satu apapun. Semoga semua keterampilan dan ilmu yang sudah diajarkan, bisa diaplikasikan di LT V di Cibubur. Terus jaga kekompakan,” pesannya.

Foto bersama Kontingen regu pramuka Kalimantan Selatan yang akan mengikuti Lomba Tingkat Regu Pramuka Penggalang Lima (LT-V) Tahun 2023 di Kediaman Gubernur Kalsel pada Rabu (14/6) pagi. (Foto:Naimah Mahmudah/ Warta Wasaka)

Sementara itu, Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Kalsel, Raudatul Jannah pada kesempatan ini juga menyampaikan pesan untuk para kontingen yang akan berangkat mewakili Kalsel ini.

“Semangat terus, bahagia terus dan jaga kesehatan. Kita berharap mereka menjadi yang terbaik, tapi kita tidak membebani. Kita yakin mereka sudah optimal latihan, sudah siap, cukup ikhtiar dan do’a, apapun hasilnya itulah yang terbaik,” ujarnya.

Dirinya juga berpesan bahwa inti dari partisipasi para kontingen di LT V ini adalah penguatan pribadi para kontingen.

“Intinya adalah penguatan. Menambah wawasan, ilmu pengetahuan dan keterampilan ,serta untuk memupuk tali silaturahmi, karena acara ini scopenya nasional,” sampainya.

Kontingen Kalsel yang akan berangkat sendiri sebanyak 16 orang, yang berasal dari Kwarcab Kabupaten Banjar dan Kwarcab Kota Banjarmasi, dimana seluruh kontingen yang dilepas merupakan pemenang regu tercakap yang menjadi pemenang di LT 4 yang dilaksanakan di Kiram Park, Kabupaten Banjar beberapa waktu yang lalu.

LT V sendiri akan diselenggarakan di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur pada tanggal 17 hingga 23 Juni 2023 mendatang.

Untuk regu putra diwakili SMPN 7 Banjarmasin dan untuk regu putri diwakili Pondok Pesantren An-Najah Kabupaten Banjar.

Lomba ini bertujuan untuk menguji kemampuan penggalang seluruh provinsi di Indonesia, serta membentuk sikap dan perilaku.

Meningkatkan kemandirian, keterampilan, persatuan dan kesatuan Pramuka Penggalang, serta komitmen terhadap penghayatan dan pengamalan kode kehormatan Pramuka, yaitu satya dan darma Pramuka.

~ Advertisements ~
~ Advertisements ~
~ Advertisements ~

Tinggalkan Balasan

2 Raperda Disampaikan Pemerintah Kabupaten Kapuas ke DPRD Kapuas

Cegah Gagal Panen Pertanian di Kabupaten Kapuas, DPRD Kapuas Gelar RDP