Festival 5 Cabang Olahraga Tradisional Paman Birin Cup 2023 resmi digelar di Lapangan SKB Mulawarman dan Gor Hasanuddin, Banjarmasin. (Foto Dok MC Kalsel)
in

Festival 5 Cabang Olahraga Tradisional Paman Birin Cup 2023 Digelar

Dalam rangka menyeleksi penggiat olahraga tradisional yang nantinya akan mengikuti Festival Olahraga Rekreasi Nasional (FORNAS) ke-7 tahun 2023 di Jawa Barat, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan gelar Festival 5 Cabang Olahraga Tradisional Paman Birin Cup 2023, digelar di Lapangan SKB Mulawarman dan Gor Hasanuddin, Banjarmasin.

Dalam sambutan tertulis Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor yang dibacakan Asisten 1 Pemerintah Provinsi Kalsel, Nurul Fajar Desira mengatakan bahwa kita patut bersyukur masyarakat masih terus membudayakan dan melestarikan olahraga tradisional di Bumi Lambung Mangkurat.

“Oleh sebab itu, Pemprov Kalsel melalui Dispora Kalsel terus mendukung kegiatan yang dilaksanakan seperti festival olahraga tradisional hari ini,” kata Fajar, Rabu (10/5/2023).

Ia berharap, seluruh peserta yang mengikuti, bisa memberikan penampilan yang terbaik dan yang paling utama menjaga sportifitas dalam bertanding.

“Sehingga bisa membawa nama Kalsel nantinya di ajang Fornas ke-7 tahun 2023 di Jawa Barat pada bulan Juli 2023 nanti,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kalsel, Hermansyah didampingi Kabid Pembudayaan Olahraga Dispora Kalsel, Budiono mengatakan adapun lima cabor tersebut yaitu Benjang, Gateball, Bola Sundul, Panahan Tradisional, dan Bagasing dan diikuti peserta dari seluruh 13 kabupaten/kota. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 4 hari mulai tanggal 9-12 Mei 2023.

Lalu setelah ini akan digelar pula 5 cabor ekstrem atau Olahraga Petualangan dan Tantangan (OPT) dan Olahraga Kesehatan dan Kebugaran (OKK).

Seleksi ini, ditambahkannya, sesuai arahan Gubernur Kalsel yang akan mengirimkan 500 plus 1 pegiat olahraga untuk Fornas di Jawa Barat.

“Bagi pemenang diprioritaskan untuk menjadi duta Kalsel di ajang Fornas nanti,” pungkasnya.

~ Advertisements ~
~ Advertisements ~
~ Advertisements ~

Tinggalkan Balasan

LPM Kalsel Terus Diupayakan Kembangkan Kapasitas

Hasil Reses Anggota DPRD Kapuas Dibahas Dalam Rapat Paripurna