in ,

4 Desa di Kabupaten Banjar Jadi Pilot Project Desa Inklusi, Bappedalitbang Banjar: Optimalkan Seluruh Elemen

Program Penguatan Pemerintah dan Pembangunan Desa (P3PD) dilaksanakan di Kabupaten Banjar, di empat desa percontohan dengan membuat desa inklusi yakni Desa Simpang Tiga Kecamatan Mataraman, Desa Sungai Lakum Kecamatan Kertak Hanyar, Awang Bangkal Barat Kecamatan Karang Intan, dan Desa Sungai Tandipah Kecamatan Sungai Tabuk.

Program ini membuat kaum marjinal, perempuan, disabilitas, anak-anak, dan kaum lainnya tidak merasa minder dan lebih diperhatikan dan terutama mereka untuk ikut aktif dalam perencanaan pembangunan di desa, sehingga apa saja yang menjadi kebutuhan mereka terakomodir dan terinternalisasi dalam Rencana Kerja Pemerintah Desa dan APBDesa.

Program kali ini adalah kerjasama Lakpesdam PBNU dan Kemendes RI untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat desa dengan mengoptimalkan seluruh elemen masyarakat yang ada.

Kepala Bappedalitbang Kabupaten Banjar melalui Kepala Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Desa Dedi Nurmadi mengatakan, dengan diwujudkan empat Desa Inklusi percontohan ini, dapat menjadi contoh atau pilot project bagi desa desa lain yang ada di Kabupaten Banjar.

Selain itu, dapat menularkan semangat dan tekad yang sama dalam upaya percepatan pembangunan desa menjadi lebih berdaya dengan tetap mengedepankan prinsip kolaboratif dan inklusif.

“ Jadi nantinya jika sudah terealisasi seluruh elemen yang ada di desa tersebut, baik itu kaum marjinal, perempuan, disabilitas dan anak dapat berperan dalam membangun desa, yang pastinya tidak menjadi minder,” ucap Dedi Nurmadi.

~ Advertisements ~

Tinggalkan Balasan

Kerja Dari Rumah Bikin Usaha Poles Sepatu di New York Terancam Gulung Tikar

Mahasiswa Fakultas Perikanan dan Kelautan ULM Tidak Kantongi Izin Bukber di Kampus, Rektor Sayangkan